Alasan berpindah dari Blackberry ke Android

Sering kita mendengar bahwa banyak teman yang belum bisa berpindah dari BB ke Android sebagai hp utama, bahkan tidak jarang yang menggunakan 2 hp bersamaan.

Bagi yang budget-nya ada, tentu-nya hal ini tidak menjadi masalah,  –> hal ini sempat terjadi juga dengan penulis, alias galau. 

Namun karena alasan budget dan repot bawa dua hp, serta dengan tips dibawah ini. Akhir-nya penulis bisa meninggalkan blackberry dan beralih ke android sepenuh-nya.

Beberapa alasan tetap menggunakan BB:
a. Kirim gambar diemail file-nya lebih kecil, otomatis terkompress oleh OS BB
b. Tidak bisa lepas dari keyboard-nya

Tips-nya:
a. Smartphone android sekarang ini baik yang sudah 5Mp dan 8Mp, foto yang dihasilkan file-nya besar bisa 2-3 Mb. Kalau kita ingin share gambar tersebut, selain butuh waktu yang lebih lama untuk proses transfer-nya dan makan bandwith data internet. Tips-nya konversi file tersebut dulu dengan download di playstore aplikasi= image shrink (lihat gambar dibawah)

b. Banyak jenis keyboard pihak ke-tiga yang bisa di-install dari playstore, antara lain:
swiftkey (ada predictive, dan tombol numeric) 
touchpal (ini bisa hand writing recognition, sangat berguna untuk menulis tulisan tiongkok) 

c. Jika emal bawaan dari google dirasa kurang powerfull, bisa install program email pihak ketiga seperti aquamail, k9 dan lain-lain (kelebihan-nya adalah kita bisa set kapan tarik email secara otomatis, berapa menit sekali, bahkan kita bisa set hari tertentu tidak ada aktifitas email sama sekali)

Demikian sharing dari penulis, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a comment